“ Solusi mudah dan terpercaya dalam mendapatkan Alat Berat & Truk dengan kondisi Bekas dan Siap Kerja ”


Kami Used-HeavyMachinery.Com akan membantu & melayani serta memberikan solusi dalam mendapatkan dan memenuhi
Kebutuhan atas Alat Berat & Truk dengan kondisi Bekas dan Siap Kerja serta harga yang kompetitif.

___________________________ Manfaatkan kemudahan yang akan diberikan dan pelayanan dari kami ___________________________
DAFTAR UNIT YANG DIJUAL









II.18 Suku Cadang yang Vital PDF Cetak E-mail
Suku Cadang/Spare Part
Oleh Administrator   
Jumat, 01 Mei 2009 19:29

       Maksud dari suku cadang yang vital adalah suku cadang yang jika dilakukan penggantian harus mendapat perhatian lebih dikarenakan dapat berpotensi mengakibatkan kerugian / biaya besar. Pengertian suku cadang yang vital agar dibedakan dengan suku cadang lainnya. Hal yang menjadi pertimbangan atas suku cadang yang vital adalah :

1.    Suku cadang tersebut terletak dibagian dalam komponen, jika akan menggantinya maka alat berat atau truk harus berhenti operasi dalam waktu yang lama, misalkan beberapa hari. Jadi harus menanggung :

a.    Tidak mendapat produksi / pemasukkan karena alat berat atau truk berhenti

b.    Membutuhkan Man Hour (jam kerja) atas Mekanik yang cukup lama, jika menggunakan mekanik lepas maka harus membayar mahal.

Misalkan metal, ring piston, crankshaft, connecting rod, gear di axle, piston di travel motor, dll.

2.    Suku cadang yang dapat mengakibatkan kerusakan suku cadang lainnya dan berakibat fatal, misalkan oil filter, gear, metal, ring piston, dll

3.    Suku cadang yang secara langsung mempengaruhi performance (unjuk kerja) dari alat berat atau truk sewaktu bekerja / berproduksi, misalkan nozzle di fuel injection pump, ring piston, liner, seal di boom cylinder, seal di hydraulic pump, gasket cylinder head, dll

4.    Suku cadang yang dapat mengancam keselamatan baik operator maupun orang disekitarnya, juga alat berat atau truk itu sendiri, misalkan brake pad, hand brake, dll

       Pada prinsipnya suku cadang yang masuk di dalam kriteria tersebut, perlu mendapat perhatian lebih baik dalam membeli suku cadang termasuk juga dalam pemasangannya. Salah dalam pemasangan akan menyebabkan alat berat atau truk :

-      Beroperasi tidak normal

-      Performance tidak optimal

-      Jika melakukan perbaikan / penggantian ulang akan menghentikan operasi alat berat atau truk dalam waktu yang lama dan mengeluarkan biaya mekanik lagi.

       Sedangkan yang dimaksud dengan perhatian lebih dalam melakukan pembelian suku cadang, membeli suku cadang yang kualitasnya jelas dan bagus. Mengingat perbedaan harga dengan suku cadang yang kualitasnya tidak jelas dan tidak bagus akan tidak sebanding dengan hilangnya pemasukkan jika alat berat atau truk tidak beroperasi karena harus melakukan perbaikan ulang, juga biaya mekanik.

       Banyak pemilik atau bagian pembelian tidak memperhatikan kriteria yang termasuk dalam suku cadang vital dan mengangap semua suku cadang sama. Jadi yang sangat diperhatikan hanya harga yang murah saja dengan kualitas apa adanya saja. Untuk jangka waktu pendek belum terasa berapa banyak hari alat berat atau truk tidak beroperasi (breakdown), biaya mekanik yang harus dibayar (tidak akan terasa jika mempunyai mekanik sendiri), membengkaknya biaya pemakaian suku cadang yang ikut rusak dan harus diganti. Hindari memikirkan yang kecil tetapi kehilangan yang besar, seharusnya berpikir yang prioritas untuk mendapatkan yang besar.

Ditulis oleh : Tractor-Truck.Com



Add this page to your favorite Social Bookmarking websites
Reddit! Del.icio.us! Mixx! Free and Open Source Software News Google! Live! Facebook! StumbleUpon! TwitThis Joomla Free PHP
Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 21 September 2010 18:35
 

Galeri Iklan Baris Gratis

Service & Maintenance









Heavy Equipment ( Airman - Barata - Bobcat - Bomag - Case - Caterpillar - Clark - Daewoo - Doosan - Dynapac - Ford - Hitachi - Hyster - Hyundai - Ingersoll Rand - JCB - John Deere - Kobelco - Komatsu - Kubota - Linde - Link Belt - Manitou - Massey Ferguson - Mitsubishi - New Holland - Niigata - Nissan - O&K - P&H - Sakai - Sany - Samsung - Sumitomo - Tadano - TCM - Terex - Volvo - Toyota - Zetor)
Heavy Duty Truck ( FAW - Foton - Hino - Howo - Isuzu - MAN - Mercedes - Mitsubishi - Nissan Diesel - Renault - Scania - Sino - Toyota - Volvo )